Friday, December 31, 2010

Menunda Seks Pranikah Ternyata Bermanfaat, Lho!


original link here

Ada jaminan bagi pasangan yang menunda seks, sebelum menikah. Mereka akan meraih pernikahan yang lebih bahagia.

Itulah yang coba digambarkan American Psychological Association's Journal of Family Psychology dengan studi mereka yang melibatkan 2.035 orang Amerika yang telah menikah dalam survei online bernama "RELATE". Salah satu pertanyaan yang paling berarti adalah "Kapan Anda terlibat secara seksual dalam hubungan ini?"

Sebuah analisis statistik menunjukkan manfaat berikut bagi mereka yang menunda seks setelah terjadinya pernikahan, dibandingkan mereka yang melakukannya di awal hubungan:

- Stabilitas hubungan 22 persen lebih tinggi

- Kepuasan hubungan 20 persen lebih tinggi

- Kualitas hubungan seks 15 persen lebih baik

- Komunikasi 2 arah yang terjalin 12 persen lebih baik

Faktanya, manfaatnya lebih besar hampir setengahnya. "Peneliti pada topik ini lebih fokus pada pengalaman individual dan bukan jangka waktu berhubungan," ungkap Dean Busby, pemimpin studi dan profesor di Brigham Young University's School of Family Life, seperti yang dilansir Health24.

"Ada begitu banyak hubungan selain seks, tapi kami menemukan bahwa mereka yang menunggu seks lebih lama, memang lebih bahagia dalam aspek seksual dalam hubungan mereka," tambah Dean.

"Saya pikir hal ini diakibatkan mereka lebih banyak berbincang dan belajar untuk menghadapi masalah yang akan timbul di depan," ujarnya.

Sosiologis Mark Regnerus dari Universitas Texas, yang tidak ikut terlibat dalam studi tersebut membaca studi dan menambahkan dengan penemuannya.

Seks yang terlalu dini

"Pasangan yang melakukan seks terlalu dini, cenderung menemukan hubungan mereka belum berkembang jika ditanyakan tentang kualitas dan kestabilannya, misalnya apakah pasangan mampu dipercaya dan diandalkan," ungkap Mark, penulis buku "Premarital Sex in America".

Karena kepercayaan agama sering kali meminta manusia untuk menunda seks, Dean dan tim menghindari pengaruh agama dalam analisis mereka.

"Meski tidak berdasarkan keagamaan, menunda membantu hubungan mencapai tingkat komunikasi yang lebih baik, dan hal ini membantu meningkatkan kepuasan hubungan jangka panjang," tutup Dean.

comment :agama tidak pernah mengajarkan hal yang salah, seperti halnya tentang seks diluar nikah alias zina. Bila awalnya baik maka akan berakhir dengan lebih baik,begitupun sebaliknya.


No comments: